Cara Berbagi Dokumen untuk Komputer yang Masih dalam Satu Jaringan
Gak Gaptek Tutorial Tek

Cara Berbagi Dokumen untuk Komputer yang Masih dalam Satu Jaringan

Keranbocor.com – Dalam suatu perusahaan biasanya semua komputer tersambung dalam satu jaringan melalui kabel lan maupun dengan wireles. Di saat kita ingin berbagi data, kita bisa melakukan share pada sebuah folder yang datanya akan kita bagikan tersebut.

Untuk yang pertama, buatlah folder berisi file-file yang akan kita bagikan. Setelah itu klik kanan dan pilih properties. Di sini yang saya share dokumen di laptop yang menggunakan OS windows 7. Dengan Computer Name saya Anton

Setelah itu dilanjutkan dengan memilih tab yang bertuliskan sharing seperti di bawah ini.

Setelah itu kita pilih share akan keluar seperti contoh di bawah ini. Add pengaturan siapa yang boleh akses, maka kita pilih yang everyone

Setelah itu pilih permision level di pojok kanan atas untuk menentukan apakah orang lain dari komputer client/lainnya hanya sekedar membaca atau megubah, di sini kita pilih Read/write saja untuk bisa mengubah dan memindahkan data.

Setelah itu selesai…Alias done.

Proses selanjutnya kita piliha advance sharing seperti contoh di bawah ini

Setelah tombol advanced sharing dipilih, maka akan keluar pilihan seperti di bawah ini kita ceklist kotak dengan tulisan share this folder, apply dan ok….maka sudah beres..

Proses di laptop yang foldernya dibagikan sudah selesai, selanjutnya saya akan membuka di komputer saya yang menggunakan OS 10, maka pilih logo windows di pojok kiri seperti di bawah ini dan pilih file eksplorer. Sedangkan untuk windows 7 pilih yang computer

 

Untuk windows 10
Untuk windows 7

Setelah dipilih file eksplore maka akan muncul seperti tampilan di bawah ini, dan pilihlah Network maka akan keluar nama komputer/laptop yang foldernya tadi kita bagikan, tadi nama laptop saya Anton. Tetapi jangan lupa cek dulu apakah komputer/laptop kita sudah diatur untuk bisa share data ke komputer lain.

Setelah itu plih Anton yang merupakan computer name dari laptop saya yang datanya saya share tadi., maka akan keluar folder-folder yang kita share termasuk folder keran bocor seperti di bawah ini dan kita sudah bisa mengaksesnya.

Post Comment