Sheila on 7 ,Band Pendobrak Industri Musik Indonesia
Bedah Musik

Sheila on 7 ,Band Pendobrak Industri Musik Indonesia

Tahun 90an Indonesia merupakan pasar terbaik bagi musisi asal Malaysia, saat itu Indonesia benar-benar dibuai oleh musik nan mendayu dan menyentuh hati dari para musisi Malaysia. Ada memang musisi Indonesia yang eksis di masa itu namun tetap kalah pamor dari band-band asal Malaysia. Hingga akhirnya pada akhir 90an munculah sebuah band asal jogjakarta dengan nama Sheila on 7.

album kedua Sheila on 7 koleksi pribadi ENES

Siapa yang tak tau dengan lagu ‘dan, kita, J.A.P’, kumpulan lagu dalam album pertama mereka. Disaat industri musik sedang lesu, album pertama meraka terjual hingga 1 juta kopi lebih. Angka yang fantastis pada saat itu. Hal tersebut seakan-akan membuat label ‘melek’ dengan kualitas musik anak negeri, sehingga bermunculan band-band tanah air dengan sangat pesat. Dialbum kedua seolah menegaskan nama Sheila on 7, albumnya terjual hingga 2 juta kopi. Bahkan saat konser di GOR Saburai Bandar Lampung terjadi insiden hingga menyebabkan korban meninggal, 10 orang ‘Sheila Gank’ dalam konser tersebut.

 

Hingga saat ini, Sheila on 7 masih tetap eksis meskipun tak bisa berharap banyak dari penjualan album dikarenakan sudah begitu banyak CD hingga DVD bajakan ditambah lagi dengan lagu-lagu yang dengan mudah dapat. Sheila on 7 tetap eksis  dengan menyapa penggemarnya dari panggung ke panggung.

Untuk pendobrak, jika di film ada ‘Ada Apa dengan Cint’, di musik tidak berlebihan kalau kita mengatakan ada Sheila on 7 sebagai pendobraknya, marilah kita doakan semoga era band-band dengan karya berkualitas kembali hadir di Indonesia seperti era itu.

Gambar koleksi ENES

Post Comment